Jumat, 04 Mei 2012

Panen Perdana SINGKONG DEWO

Acara panen Singkong Dewo dan temu mitra antara Bank Jateng, KSU Berkah Baru dengan investor, pembudidaya dan akademika di Balai Desa Mertoyudan Kabupaten Magelang Minggu (29/4) kemarin, KSU Berkah Baru dalam waktu dekat akan menandatangani MoU dengan investor yang akan menanamkan modalnya sebesar Rp 500 Milyar.

Menurut pimpinan Koperasi Serba Usaha (KSU) Berkah Baru, H Zaenal Sholikin SH dana sebesar itu, akan digunakan untuk pembangunan laboratorium, green house untuk pembibitan Singkong Dewo, pabrik pengolahan singkong dan Pusat Pelatihan Agribisnis Terpadu (PPAT) berskala nasional. “Tujuan PPAT itu adalah untuk mendidik pesertanya mempunyai jiwa agribisnis yang handal,” 

Budidaya Singkong Dewo kedepan, kata Zaenal, hasilnya akan terserap seluruhnya karena pihaknya sudah mempunyai permintaan yang cukup besar dari beberapa industri Tapioka, Bioetanol dan produk olahan makanan seperti gethuk, criping dan lainnya.
“Permintaan paling besar adalah dari luar negeri seperti Taiwan dan Cina, berupa gaplek (chips) sebesar 20.000 ton per bulan. Dalam waktu dekat ini, MoU akan ditandatangani.

Selain Singkong Dewo, KSU Berkah baru  telah berhasil melaksanakan metode tanaman tumpangsari disekitar tanaman singkongnya yakni dengan menanam kacang kobe.Dengan metode tumpang sari antara Singkong Dewo dan kacang Kobe,petani bisa mendapatkan hasil panen yang maksimal tanpa menunggu waktu yang lama.

3 komentar:

  1. Kami dari Sumatera Utara....juga memproduksi singkong besar, apa bisa saling bertukar informasi sehingga berguna bagi petani-petani singkong nusantara.

    1. Apakah kami bisa berkunjung? dan kalau ada alamat lengkapnya.
    2. Untuk penanaman berapa kedalaman stek yang harus ditanamkan, karena daerah kami banyak angin.

    Terima kasih
    Wassalam,

    Sabirin

    BalasHapus
  2. Komentar ini telah dihapus oleh administrator blog.

    BalasHapus